Posted by : Unknown

BAB  1
Pengenalan Dasar App Inventor

App Inventor adalah sebuah tool online untuk membuat aplikasi android, app inventor kini dikembangkan oleh MIT, universitas yang bergerak di bidang teknologi dan diakui di dunia. Semula app inventor dikembangkan oleh google, namun sekarang MIT yang memegang kendali terhadap pengembangan tools app inventor
Yang menyenangkan dari tool ini adalah tool tersebut berbasis visual block programming, sehingga kita dapat membuat aplikasi tanpa kode satupun.
Mengapa disebut visual block programming?, karena kita akan melihat, menggunakan, menyusun dan drag-drops “blok” yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi –event handler tertentu dalam membuat aplikasi, dan secara sederhana kita bisa menyebutnya tanpa menuliskan kode program –coding less. App inventor tidak hanya untuk membuat aplikasi, karena bisa digunakan untuk mengasah logika anda, sperti halnya menyusun sebuah puzzle. App inventor dibangun untuk anda yang mulai belajar membuat aplikasi android, namun untuk programmer tentu ada opsi-opsi advance untuk membuatnya sesuai dengan level kita.
App inventor memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi untuk ponsel Android menggunakan browser web dan baik telepon yang terhubung atau emulator. Server App Inventor menyimpan pekerjaan Anda dan membantu Anda melacak proyek-proyek Anda.

Anda dapat membangun aplikasi dengan:
-     App Inventor Designer , di mana Anda memilih komponen untuk aplikasi Anda.
-     App Inventor Blok Editor , di mana Anda merakit blok program yang menentukan bagaimana komponen harus bersikap. Anda merakit program visual, seperti potongan-potongan teka-teki. Aplikasi Anda muncul di telepon langkah-demi-langkah ketika Anda menambahkan potongan untuk itu, sehingga Anda dapat menguji pekerjaan Anda sebagai Anda membangun. Ketika Anda selesai, Anda dapat membuat paket aplikasi Anda dan menghasilkan aplikasi yang berdiri sendiri untuk menginstal.
-     Jika Anda tidak memiliki ponsel Android, Anda dapat membangun aplikasi Anda menggunakan emulator Android , perangkat lunak yang berjalan pada komputer Anda dan berperilaku persis seperti telepon.


Bagaimana App Inventor Bekerja?
Framework visual programming ini terkait dengan bahasa pemrograman Scratch dari MIT, yang secara spesifik merupakan implementasi dari Open Block yang didistribusikan oleh MIT Scheller Teacher Education Program yg diambil dari riset yang dilakukan oleh Ricarose Roque. App Inventor menggunakan Kawa Language Framework dan Kawa’s dialect – yang di develop oleh Per Bothner dan di distribusikan sebagai bagian dari GNU Operating System oleh Free Software Foundation sebagai Compiler yang mentraslate visual block programming untuk diimplementasikan pada platform Android.

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Dengan App Inventor?
Semua tergantung dari orientasi awal anda, anda ingin membuat aplikasi dengan tujuan apa
1.   Just for fun
Katakanlah anda memiliki Handset Android, atau baru memasang virtual handset android pada komputer anda, atau bahkan tidak sama sekali, app inventor akan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan seperti halnya anda menyukai mengedit gambar, bermain puzzle, mengasah otak anda seperti mengisi TTS, atau belajar sebagai basis menguatkan kemampuan logika anda, semua terasa menyenangkan.
2.   Learning tool
Apapun profesi anda, entah seorang pelajar, mahasiswa, guru, dosen, teknisi, progamer atau anda hobi untuk mengotak-atik android, anda akan bisa menjadikan App Inventor sebagai tool belajar anda. Jika anda seorang guru atau dosen anda akan membuat app inventor menjadi alat pengajar yang hebat, karena visualisasi akan mempermudah siswa memahami dan menguasai apa yang anda ajarkan.
Sebagai contoh: anda dapat mempelajari logika kerja dari aplikasi dengan menerapkan susunan blok pada tool itu.
3.   Developer aplikasi
Jika anda seorang pengembang aplikasi android, mulai dari membuat prototype, aplikasi untuk kebutuhan pribadi dan organisasi, atau aplikasi serius yang bisa anda jual, apabila anda telah mencoba menggunakan App Inventor, anda akan merasakan betapa mudahnya, tentu disamping karena berbasis visual drag drops ini juga karena anda :
-     Tidak perlu menghafal dan mengingat instruksi atau kode-kode program
-     Komponen dan blok event tersedia dengan lengkap anda tinggal menggunakannya. Layaknya sebuah objek anda tinggal merangkainya dengan Komponen dan blok yang sesuai fungsinya, tinggal meletakkanya seperti puzzle tinggal merubah propertinya, misal memberikan nilai angka untuk mengeset timer dan lain-lain.
-     Event handler akan memudahkan anda dalam menangani setiap “kejadian” atau event yang anda ingin handle. Misal anda membuat sebuah aplikasi untuk menangani sms, dalam App Inventor anda tinggal mengambil drag and drops blok yang menangani event sms.




Memulai App Inventor Online
Sebelum bisa menggunakan App Inventor, Anda diwajibkan memiliki akun Gmail. Jika belum memiliki akun Gmail, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengakses URL http://www.gmail.com.
Setelahnya lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1.     Buka browser (disarankan menggunakan Google Chrome) Anda kemudian login menggunakan akun Google Mail yang sudah Anda miliki.
2.     Selanjutnya, akses URL http://beta.appinvenfator.mit.edu/ sehingga ditampilkan halaman berikut:
3.     Klik tombol Allow/Izinkan.
4.     Sampai dengan langkah ini Anda sudah masuk ke jendela kerja utama App Inventor seperti yang ditujukkan pada gambar dibawah
5.     Berikutnya, download Java 6 dari URL http://www.java.com/en/ dan kemudian lakukan instalasi.
6.     Setelah Java 6 terinstall di komputer Anda, kini download App Inventor Setup for Windows dengan mengakses URL
http://beta.appinventor.mit.edu/learn/setup/setupwindows.html dan lakukan instalasi di komputer Anda.
7.     Pada kotak dialog Welcome to the AppInventor Setup Wizard, klik.
8.     Muncul License Agreement yang menjelaskan perjanjian lisensi dari produk ini. Klik tombol I Agree untuk menyetujui lisensi dan melanjutkan proses instalasi.
9.     Berikutnya tentukan lokasi instalasi.
11.   Tunggu hingga proses instalasi selesai.
12.   Pada kotak dialog Completing the AppInventor Setup Wizard, klik
13.   Jika Anda memiliki ponsel Android dan ingin menggunakannya untuk mencoba projek yang Anda buat menggunakan App Inventor, Anda bisa melakukan instalasi dan setting driver ponsel Anda.





Bisa di Download disini AILiveComplete ! , Semua komplit, berikut juga cara installnya. Ya yg penting sih sudah mendownload JDK kemudian setting JAVA_HOME nya , abis Unzip  AILiveComplete ! , dan dari dalam folder AILiveComplete kemudian bisa kita running dengan klik pada file WinStartAIServer dan WinStartBuildServerWithHeap . Selanjutnya akses dari browser dengan default adress akses http://localhost:8888 , viola ... apabila berhasil maka kita akan masuk ke jendela desainer .

Buat yang bikin lebih dari 5MB, bisa dengan cara menyimpan file zipnya My Projects > Download All Projects . Masuk ke Mode Windows DOS Start > Run > ketik CMD enter  Trus dari folder AILiveComplete ! kita masuk ke folder BuildServer > Lib kemudian copy Script dibawah ini dan langsung klik kanan Layar Windows DOS kita (misal C:\AILiveComplete1.4.5\BuildServer\Lib) dan paste.

"%JAVA_HOME%\bin\java" -Xmx1g -cp BuildServer.jar;CommonUtils.jar;CommonVersion.jar;FastInfoset-1.2.2.jar;activation-1.1.jar;args4j-2.0.18.jar;asm-3.1.jar;commons-io-2.0.1.jar;grizzly-servlet-webserver-1.9.18-i.jar;guava-14.0.1.jar;http-20070405.jar;jackson-core-asl-1.9.4.jar;jaxb-api-2.1.jar;jaxb-impl-2.1.10.jar;jaxb-xjc.jar;jdom-1.0.jar;jersey-bundle-1.3.jar;jersey-multipart-1.3.jar;jettison-1.1.jar;json.jar;jsr311-api-1.1.1.jar;localizer.jar;mail-1.4.jar;rome-0.9.jar;sdklib.jar;stax-api-1.0-2.jar;wadl-cmdline.jar;wadl-core.jar;wadl2java.jar -Dfile.encoding=UTF-8 com.google.appinventor.buildserver.Main --childProcessRamMb 1470  --inputZipFile C:\Users\master\Downloads\all-projects\Pertama.zip --userName test@example.com --outputDir F:\Hasil


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Total Pageviews

- Copyright © Materi Kuliah STT Telematika Cakrawala -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by STT Telematika Cakrawala -